Jumat, 24 Juli 2015

Alasan MPASI Sebaiknya Diberikan Setelah 6 Bulan

Beberapa waktu lalu di akun facebook tante Ina, Tante Ina sempat membagikan postingan cerita ibu yang anaknya mengalami gangguan pencernaan hingga harus dioperasi akibat terlalu dini memberikan MPASI. Si kecil sudah mulai diberikan bubur instan sejak usia 4 bulan dan akibatnya di usia 6 bulan. Tante Ina akan bahas alasan kenapa MPASI sebaiknya diberikan setelah 6 bulan. 

1.     Memberikan perlindungan ekstra dari penyakit 
Pada usia <6 bulan, daya tahan tubuh bayi belum sempurna. ASI yang diberikan secara eksklusif selama 6 bulan ini berguna untuk meningkatkan daya imun anak. Namun apabila <6 bulan sudah diberikan MPASI justru memberikan jalan masuk kuman ke dalam tubuh bayi. Terutama apabila peralatan yang digunakan tidak higienis. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak yang diberikan MPASI <6 bulan lebih mudah terserang diare, batuk,pilek, demam dibandingkan dengan yang diberikan ASI eksklusif.
2.     Sistem Pencernaan Relatif Lebih Sempurna
·        Bayi <6 bulan sistem pencernaannya belum sempurna sehingga apabila diberikan selain ASI maka organnya akan bekerja lebih keras untuk mencerna MPASI yang diberikan. Oleh sebab itu, mudah timbul gangguan pencernaan seperti kembung dan konstipasi.
·        Selain itu, sel-sel di sekitar usus pada bayi <6 bulan belum siap untuk menerima zat makanan yang dikonsumsi sehingga dapat timbul reaksi imun dan mengakibatkan alergi pada makanan yang dikonsumsi. Selain itu lapisan usus bayi usia 4-6 bulan umumnya belum tertutup sempurna sehingga memudahkan protein-protein makanan yang dikonsumsi lebih mudah menyebabkan alergi. Kondisi itu juga memudahkan bakteri patogen masuk ke dalam aliran darah sehingga menimbulkan penyakit. Umumnya produksi antibodi dan lapisan usus bayi akan menutup sempurna sekitar usia 6 bulan.
·        Beberapa enzim pemecah protein seperti pepsin, lipase, dan amilase, serta asam lambung  juga baru akan diproduksi sempurna ketika usia 6 bulan. Oleh karena itu, pemecahan sari-sari makanan dalam tubuh bayi <6 bulan belum sempurna sehingga berpeluang mengalami obesitas.

Semangat untuk para mommy yang akan atau sedang memberikan MPASI untuk si kecil. Be a smart mom J




Tidak ada komentar:

Posting Komentar