Rabu, 25 Maret 2015

Pentingnya Imunisasi Untuk Si Kecil

Yess, ini tulisan kedua Tante Ina di blog ini. Kemarin tante Ina bahas bekas suntikan imunisasi BCG keponakan tante Ina. Kali ini masih dengan topik imunisasi namun kali ini Tante Ina akan bahas mengenai pentingnya imunisasi.
Mom, kita tahu kalau imunisasi itu memberikan kekebalan tubuh pada si kecil. Tante Ina sebagai perawat masih sangat menganjurkan si kecil untuk diimunisasi.
“Kenapa imunisasi itu penting Tante Ina?”
“ Karena imunisasi dapat mencegah si kecil untuk penyakit-penyakit berbahaya. Si kecil yang tidak diimunisasi tidak memiliki kekebalan terhadap penyakit tertentu dan lebih mudah untuk menularkan kepada kakak, adik atau anak-anak di sekitarnya”
“Anakku tanpa imunisasi sehat-sehat saja kok Tante Ina”
“Alhamdulillah ya mom. But please jangan ambil kesimpulan bahwa imunisasi itu tidak ada gunanya. Karena masih banyak si kecil lain yang diimunisasi maka tidak terjadi wabah dari penyakit tertentu. Tante Ina bantu flashback ya, di zaman Tante Ina masih SMP tahun 2005-2006 terjadi wabah polio dari Sukabumi menjalar ke Banten, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur dalam waktu beberapa bulan so 351 si kecil yang tanpa imunisasi harus lumpuh. Wabah campak 2008-2010 di berbagai daerah, wabah difteri 2005-2012 di Jawa Timur yang menjalar ke Kalimantan yang akhirnya menyebabkan lebih dari 94 si kecil meninggal dunia.”
 Memang mom, selain imunisasi ada beberapa cara untuk mencegah penyakit berbahaya seperti pemberian ASI, makanan pendamping ASI yang lengkap dan seimbang, mencuci tangan dengan sabun, menggunakan air bersih untuk keperluan rumah tangga, menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Tapi cara tersebut belum bisa memberikan kekebalan spesifik terhadap penyakit-penyakit berbahaya.
“Tante Ina, apa anak yang sudah diimunisasi masih bisa tertular penyakit yang berbahaya?”
“Masih bisa mom, namun lebih ringan dan tidak berbahaya. Si kecil yang diimunisasi juga jarang menularkan ke anak-anak lain sehingga tidak terjadi wabah”
Mom, menurut WHO 194 negara sudah menganjurkan imunisasi bagi para balitanya, terlepas itu negara maju ataupun berkembang, negara muslim atau non muslim. Vaksin yang digunakan di Indonesia sendiri di buat oleh PT. Bio Farma Bandung dan diekspor ke 120 negara dan 36 negara di antaranya negara Muslim seperti Pakistan, Mesir, Malaysia, Iran, Afganistan, Turki, dan masih banyak lagi. Kualitas vaksin selalu diawasi oleh badan internasional WHO dan sudah dinyatakan aman dan efektif jadi sekarang mommy tidak perlu ragu lagi ya.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar