Kamis, 26 Maret 2015

Demam oh Demam

Mom, keponakan tante Ina,Zaky lagi demam nih. Uminya kemarin cerita kalau Zaky panas 380 dan lemes banget. Alhamdulillahnya pagi ini tante Ina ke sana panasnya sudah turun, sudah mau makan, sudah kembali bawel. Zaky minup sirup penurun demam dan minum air putih yang banyak. So, tante Ina akan bahas mengenai demam si kecil.

Mommy sebagai orang tua pasti khawatir kalau si kecil mulai demam, tapi demam merupakan respon tubuh melawan kuman. Tidak perlu panik jika si kecil mulai demam, tapi jika si kecil sudah mulai lemas, susah makan atau minum, dan hanya ingin tidur maka mommy harus segera bawa ke dokter. Untuk si kecil usia di bawah 2 tahun jika mengalami demam lebih dari 24-48 jam (1-2 hari) dan anak usia di atas 2 tahun demam be
rlangsung lebih dari 48-72 jam (2-3 hari) maka si kecil perlu dibawa ke dokter. Perhatikan pula pola demam si kecil ya mom, apakah suhunya lebih tinggi ketika sore hari atau suhunya naik turun karena dari pola demam tersebut dokter lebih bisa mengetahui penyebab demam si kecil.

Mommy untuk menurunkan demam si kecil dapat di bantu  dengan memberikan obat penurun demam (antipiretik) atau terapi fisik seperti kompres hangat di bagian ketiak, istirahat baring dan banyak minum. Penggunaan obat  antipiretik lebih bertujuan untuk menurunkan suhu tubuh si kecil dan memberikan rasa nyaman, namun tidak efektif untuk mencegah kejang demam. Tante Ina lebih menyarankan parasetamol sebagai pilihan pertama untuk menurunkan demam dan mengurangi nyeri. Untuk penggunaan selang-seling antara parasetamol dan ibuprofen setiap 4 jam tidak terbukti efektif secara ilmiah dan tidak dianjurkan untuk penggunaan kombinasi keduanya karena sering terjadi kesalahan dosis obat, rentang waktu pemberian obat yang salah serta keracunan obat karena pemakaian obat yang berlebihan.

Jadi mommy sebaiknya memiliki termometer sendiri di rumah untuk memantau suhu tubuh si kecil jika demam dan obat penurun panas diberikan jika suhu tubuh si kecil mencapai 380 .  Tetap berikan si kecil asupan gizi yang baik dan sebaiknya si kecil tidak menggunakan pakaian yang berlebihan dan ketat ketika demam, pakaian dari bahan katun lebih dianjurkan. Semoga si kecil tetap sehat ya mom J


Tidak ada komentar:

Posting Komentar