Sabtu, 11 April 2015

Ulas Menstruasi Dini dengan Tante Ina

Dimulai dengan percakapan tentang menstruasi, Tante Ina dalam kesempatan kali ini ingin mengulas tentang menstruasi dini. Dulu masa-masa Tante Ina sekolah, teman-teman perempuan Tante Ina menstuasi lebih banyak di kelas 6 atau usia 12 tahun ke atas. Seiring berlalunya waktu banyak juga nih yang usia di bawah itu bahkan 9 tahun sudah mengalami menstruasi. Kenapa ya? 

Mom,  penyebab dari dalam tubuh yang bisa menyebabkan menstruasi dini pada si cantik adalah ketidakseimbangan hormonal yang dibawa sejak lahir. Selain itu bisa dipicu dari faktor makanan terutama junk food dan makanan bersoda. Lingkungan modern pun juga bisa membuat si cantik mendapatkan menstruasi lebih dini, biasanya yang tinggal di perkotaan lebih cepat dibandingkan di pedesaan. Si Cantik yang kelebihan berat badan lebih beresiko untuk mengalami menstruasi dini karena berkaitan dengan jumlah lemak di dalam tubuh. Lemak dalam tubuh kita memicu dan mempertahankan menstruasi. Lemak ini dihasilkan dari hormon estrogen alias hormon seks perempuan. Nah, menstruasi dini tentunya akan menyebabkan menopause atau masa pensiun menstruasi menjadi lebih dini sehingga hormon estrogen sendiri sudah berkurang atau sudah tidak ada lagi. Padahal mom, hormon estrogen ini berfungsi mencegah serangan jantung dan melindungi tulang, akibatnya si cantik yang menstruasi dini berkemungkinan untuk menopause dini yang akhirnya lebih cepat untuk mengalami gangguan kesehatan yang timbul akibat menopause.

Mommy perlu untuk mengajak si cantik untuk mengubah pola makan agar mencegah berat badan yang berlebih serta menambah kebiasaan berolahraga diharapkan mengurangi risiko menstruasi dini. Dengan hidup sehat dan berpikiran positif, insyaallah anak sehat, mommy senang, dan keluarga bahagia. :)  
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar