Minggu, 12 April 2015

Pemakaian Antibiotik yang Tepat saat Anak Sakit

"Dok, anak saya batuk. Saya minta antibiotik ya"
"Dari kapan anaknya batuk mom?"
"Baru kemarin mom"

Si kecil sakit memang membuat khawatir ya mom. Kadang-kadang mommy suka langsung meminta antibiotik agar si kecil cepat sembuh. Tapi apakah memang benar begitu mom?

Antibiotik adalah obat yang khusus digunakan untuk membunuh bakteri. Penyakit akibat virus tidak perlu menggunakan antibiotik. Pemakaian antibiotik yang salah dan sembarangan akan membunuh bakteri-bakteri baik yang ada dalam tubuh, merusak organ-organ yang belum sempurna, dan dapat pula menyebabkan bakteri bermutasi dan kebal terhadap antibiotik sehingga antibiotik menjadi tidak ampuh untuk membunuh bakteri.

Penggunaan antibiotik yang salah meliputi pemberian antibiotik tanpa adanya infeksi, jumlah dan dosis yang berlebihan, waktu pemberian yang tidak tepat, serta tidak menggunakan antibiotik secara efektif dan efisien. Oleh karena itu mom, jika si kecil sakit dan harus minum antibiotik, antibiotik harus dihabiskan untuk mencegah resistensi antibiotik.

Jadi bagaimana penggunaan antibiotik yang tepat untuk anak?
1. Gunakan antibiotik hanya karena anjuran dokter, jangan mengikuti saran orang lain yang menganjurkan minum antibiotik.
2. Minum antibiotik sesuai dengan resep dokter dan selalu habiskan antibiotik yang diberikan

Pesan dari Tante Ina ya mom, bahwa antibiotik tidak bisa menyembuhkan segala penyakit dan harus digunakan secara tepat. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar