Selasa, 16 Juni 2015

Hati-Hati Si Kecil Terinfeksi Jamur

Mom, bukan hanya orang dewasa yang dapat terinfeksi jamur, si kecil juga bisa terinfeksi jamur lho mom. Si kecil malah lebih mudah terinfeksi jamur mom, karena  kulit bayi terutama bayi prematur memiliki kulit yang lebih halus dan tipis. Si kecil yang bertubuh gemuk ternyata lebih berisiko terinfeksi jamur dikarenakan lebih banyak terdapat lipatan dan lebih mudah berkeringat terutama pada negara kita yang beriklim tropis. Infeksi jamur biasanya mengenai lipatan-lipatan dan daerah yang lembab seperti lipatan paha, selangkangan, bokong, ketiak, dan lainnya.


Infeksi jamur bisa timbul pada beberapa anak dikarenakan faktor bawaan. Para ahli menduga keringat anak lebih banyak mengandung lemak sehingga mudah terkena infeksi. Selain itu bisa disebabkan dari faktor seperti suhu, kelembaban, kebersihan kulit, dsb. Pada bayi infeksi jamur lebih sering disebabkan karena eksim popok. Eksim popok yaitu infeksi kulit pada bagian yang tertutup popok, biasanya timbul ruam, gelembung atau lecet, kemerahan dan gatal sehingga peradangan inilah yang menyebabkan infeksi. 


Supaya si kecil terhindar dari infeksi jamur, mommy sebaiknya menjaga kebersihan kulit si kecil terutama pada daerah lipatan kulit. Pastikan kulit tetap bersih dan kering serta rutin mengganti pakaian jika dirasa telah basah karena si kecil berkeringat. Sebaiknnya mommy memilih pakaian berbahan dasar katun yang menyerap keringat. Bersihkan daerah bokong dan rutin mengganti diapers untuk si kecil (jika di rumah, sebaiknya mommy tidak mempergunakan diapers sehingga bokong tidak menjadi lembab). :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar