Sabtu, 20 Juni 2015

Mengenal Anak "Picky Eater"

Mom, sudah pernah dengar picky eater? Picky Eater adalah anak yang menolak makanan tertentu dan pilih-pilih makanan, namun masih mengkonsumsi minimal satu macam dari tiap kelompok bahan makanan (karbohidrat, protein, sayur/buah, susu). Kesulitan makan ini lazim pada balita yang beralih dari makanan cair ke makanan padat. Oleh karena Picky eater ini biasa ditemui pada anak usia 6 bulan hingga 6 tahun. Yang ditakutkan adalah keseimbangan gizi yang diterima anak sehingga anak berisiko menjadi kurang gizi.

Beberapa hal menjadi penyebab dari anak menjadi picky eater, salah satu diantaranya adalah faktor meniru kebiasaan orangtuanya. Penyebab lain yang timbul antara lain bentuk makanan yang tidak menarik dan tidak bervariasi, serta dapat pula dari faktor psikologis anak, seperti suasana rumah yang tegang, pengasuhan orangtua yang keras, kurangnya kasih sayang orang tua baik kualitas maupun kuantitas, serta hubungan orangtua yang tidak harmonis dan dapat dirasakan oleh anak.

Dalam menghadapi anak yang picky eater diperlukan kesabaran orang tua dalam memberikan makan. Lakukan pendekatan secara bertahap dalam memperkenalkan satu rasa makanan yang sama. Sebaiknya pula tidak menargetkan atau memaksa anak untuk tetap makan padahal anak sudah tidak ingin makan. Suasana saat anak makan dibuat menjadi suasana menyenangkan seperti makan bersama teman-temannya atau makan bersama keluarga yang lain. Berikan menu yang sama pada anak artinya tidak ada perbedaan menu makanan yang dimakan oleh anak dan orangtua. Mommy juga sebaiknya menyajikan makanan dengan lebih kreatif dan bervariasi. Gunakan pula trik menyembunyikan makanan yang tidak disukainya ke dalam makanan yang disukai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar