Sabtu, 27 Juni 2015

Perawatan Mulut pada Bayi

Halo mom, kali ini Tante Ina bahas mengenai perawatan mulut pada bayi. Si kecil sebaiknya ditanamkan kebiasaan merawat bagian mulutnya sejak dini sehingga menjadi sebuah kebiasaan baik di masa mendatang. Selain itu, dapat mencegah timbulnya jamur pada mulut si kecil terutama bagian lidah. Bagi mommy yang menyusui si kecil, memang tidak perlu merasa khawatir jika menemui bercak-bercak putih pada bagian mulut, seperti bibir, bagian dalam pipi, langit-langit dan lidah yang ditimbulkan oleh ASI karena memang tidak membahayakan bayi. Namun, bagi si kecil yang minum susu formula sebaiknya tetap membersihkan mulut bayi dengan bersih dan teratur.

Mom, untuk membersihkan mulut si kecil, mommy bisa menggunakan sikat khusus untuk membersihkan lidah bayi atau alternatif lain adalah menggunakan kasa steril yang telah dibasahi air matang hangat. Ini langkah-langkah yang mommy harus perhatikan :

  1. Berikan posisi yang nyaman pada bayi. Pangku si kecil atau berikan posisi yang terlentang agar lebih mudah membersihkan mulutnya. 
  2. Basahi kasa steril dengan air hangat matang kemudian balut dengan cara dilingkarkan pada jari telunjuk mommy. 
  3. Dengan bantuan jari tangan, buka mulut si kecil kemudian masukkan jari telunjuk dan gosok gusi secara perlahan mulai dari bagian belakang atas hingga ke depan atas. Setelah selesai, bersihkan gusi bagian bawah dari belakang terus ke depan.
  4. Ingat untuk membersihkan lidah si kecil. Lakukan mulai dari pangkal lidah, lalu perlahan-lahan ke bagian depan. Sebaiknya tidak mengusap bagian terlalu dalam belakang lidah karena si kecil dapat tersedak.  
Mom, sebaiknya diingat kapan terakhir si kecil makan atau minum susu. Sebaiknya membersihkan mulut 30 menit sebelumnya sehingga pada saat mulut dibersihkan, si kecil tidak mengalami muntah. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar