Minggu, 15 Januari 2017

Memilih Alas Kaki yang Tepat untuk Anak

Assalamualaikum mom, tante Ina hari ini akan bahas mengenai alas kaki untuk si kecil. Pilih sandal apa sepatu ya? Model sepatu atau sandal anak sekarang lucu-lucu ya mom, ada kartunnya, ada yang isi lampu, pokoknya macem-macem deh, Tapi yang tepat untuk anak yang seperti apa sih mom?
Ternyata eh ternyata, kita nggak boleh lho hanya memilih alas kaki yang lucu untuk anak, harus juga memikirkan kenyamanan anak. Apalagi anak sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, hal ini juga akan mempengaruhi perkembangan kaki anak.

Sandal Jepit Tidak Baik Untuk Anak
Sandal jepit tidak disarankan untuk digunakan anak yang sedang belajar berjalan. Bentuk sandal jepit yang datar tidak baik digunakan setidaknya hingga usia anak 6 tahun. Jika mommy perhatikan, telapak kaki bentuknya melengkung, oleh karena itulah sandal jepit tidak dapat menopang kaki dengan baik. Selain itu, bentuk sandal jepit yang terbuka berisiko anak mengalami cedera. Jika memang terpaksa mommy dapat memilih sandal jepit yang berkontur dan memiliki tali bagian belakang sehingga tidak mudah lepas. Bahannya juga sebaiknya dari plastik sehingga lebih ringan dan alasnya tidak terlalu tipis. Oh iya pemakaian sandal jepit sebaiknya tidak terlalu lama sektar 10-15 menit saja mom.

Penggunaan Sepatu Lebih Disarankan untuk Anak

Sepatu memiliki perlindungan yang lebih menyeluruh ya mom, hal ini selain tertutup tetapi juga berperan membentuk kaki lebih baik. Ada beberapa hal yang perlu tante Ina tekankan dalam memilih sepatu pada anak :

  1. Pilih sepatu yang tertutup berujung bulat dan menyisakan ruang di depan ibu jari sekitar 1-1,5 cm. Sebaiknya mommy tidak membeli sepatu dengan ukuran yang lebih kecil atau lebih besar dari ukuran anak. Hal ini dapat berisiko menyebabkan gesekan pada kaki saat si kecil berjalan, sehingga menyebabkan lecet. 
  2. Pada si kecil yang sedang berjalan, sebaiknya pilih sol yang fleksibel (jangan yang kaku atau keras) karena si kecil membutuhkan alas kaki yang menyesuaikan dengan kakinya pada saat melangkah.
  3. Sebaiknya saat membeli sepatu, usahakan si kecil untuk mencoba dan pastikan agar anak nyaman memakainya. Mommy bisa meminta anak untuk berjalan di sekitar toko, atau juga berjongkok setelah itu perhatikan reaksi anak apakah terlihat nyaman atau tidak. 
Ada baiknya ketika membeli sepatu, libatkan anak untuk memilih sepatu yang disukai. Hal ini akan membantu anak untuk mengembangkan dirinya dalam mengambil keputusan yang sederhana. :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar