Kamis, 12 Januari 2017

Mengatasi Keseleo pada Anak

Sebelum tante Ina bahas tentang keseleo atau terkilir, tante Ina mau cerita dulu nih asal mula tema ini diangkat. Jadi tante Ina siang tadi bangun tidur karena ada suara anak kecil nangis. Kalau anak kecil nangis kan sebenarnya biasa, tetapi tangisannya nggak berhenti-henti dan makin lama ada jeritan-jeritan dan teriakan sakit. Akhirnya tante Ina keluar rumah dan cari sumber suara, eh ternyata di rumah tetangga lagi ada anak kecil yang diurut karena keseleo jatuh saat main. Tapi mommy tahu nggak sih mom, keseleo sebenarnya tidak boleh diurut. Pengurutan saat keseleo akan mengakibatkan aliran darah lebih lancar ke area yang bengkak dan dapat berkumpul di area tersebut, sehingga sembuhnya menjadi lebih lama.
Dalam bahasa kedokteran, keseleo ini disebut dengan sprain. Sprain adalah cedera jaringan serat yang fleksibel, kuat, serta menghubungkan antar tulang pada sendi. Si kecil akan merasa sakit apabila jaringan serat ini mengalami cedera, biasanya karena si kecil aktif bermain dan jatuh atau tidak melakukan pemanasan ketika akan berolahraga. Ada beberapa tanda nih mom, untuk memastikan bahwa anak memang benar keseleo, diantaranya :
  • Nyeri sendi
  • Ada pembengkakan
  • Bagian tubuh yang sakit berubah warna menjadi kebiru-biruan atau merah kebiruan
  • Kaku sendi
Nah, jika mommy menemukan tanda-tanda di atas, inget RICE ya mom.
  1. Rest : Istirahatkan bagian tubuh yang sakit. Biasanya pada anak akan diberi tongkat atau benda keras sehingga anak tidak menggerak-gerakkan bagian tubuh yang sakit,
  2. Ice : Kompres bagian tubuh dengan es. Esnya dibalut dulu dengan kain yang tipis sebelum ditempelkan ke bagian tubuh yang sakit. Kompres es bermanfaat saat 24 jam pertama. Jika telah lebih dari 24 jam, maka gunakan kompres hangat.
  3. Compression : Balut tekan dengan kain elastis. Dengan dibalut maka akan mengurangi peradangan, dan memberi rasa nyaman sehingga meminimalkan rasa sakit. Jangan terlalu ketat ya mom membalutnya, pembalutan ini harus terus dipantau.
  4. Elevation : Tinggikan bagian tubuh yang sakit melebihi jantung. Gunanya adalah mengurangi atau meminimalkan pembengkakan. 
Mom, lebih baik mencegah daripada mengobati. Pengawasan yang baik serta persiapan yang tepat untuk anak, bisa mencegah anak dari rasa sakit akibat keseleo, Sekian dari tante Ina, be a smart mom :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar