Rabu, 04 Januari 2017

Waspada Anak Batuk dan Sesak, Kenali Tanda Pneumonia

Hai smart mom, ini tulisan tante Ina tentang kesehatan anak yang pertama di tahun 2017. Di awal tahun ini pasti sedih kalau si kecil lagi sakit. Mommy pernah mendengar pneumonia mom, tante Ina akan kupas tuntas penyakit yang masih menjadi pembunuh no 1 pada anak dan balita.

Pneumonia biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri. Mommy harus waspada bila si kecil mengalami batuk atau kesulitan bernapas hingga sesak napas yang membuat dinding dada si kecil bagian bawah tertarik. Demam juga akan timbul terutama pada si kecil yang mengalami pneumonia oleh karena bakteri. Tanda bahaya lain yang harus mommy kenali dan si kecil harus segera di rujuk ke pelayanan kesehatan antara lain demam/suhu tubuh naik turun, kesadaran menurun/mengantuk terus, tidak mau minum, kejang, kebiruan, mengorok, dan gizi buruk. 

Pada saat si kecil batuk atau kesulitan bernapas dan mommy bawa ke pelayanan kesehatan, maka dokter akan mengelompokkan gejala-gejala yang dialami oleh si kecil sesuai usianya (Tabel Klasifikasi Pneumonia). Mom, untuk anak yang mengalami pneumonia akan diberikan antibiotik, namun jika menurut hasil pemeriksaan pneumonia anak disebabkan oleh virus, maka dokter akan menghentikan antibiotik. Pada saat si kecil sakit, yang harus mommy lakukan adalah tetap memberikan cairan yang sedikit-sedikit dan sering dan anak juga membutuhkan istirahat yang cukup. 

Tenang mom, penyakit ini bisa dicegah kok. Ada beberapa pencegahan yang dapat mommy lakukan, di antaranya :

  1. Menjauhkan si kecil dari penderita batuk atau penyakit infeksi lainnya
  2. Lakukan imunisasi lengkap pada anak
  3. Berikan ASI eksklusif (6 bulan) dan lanjutkan hingga si kecil usia 2 tahun
  4. Pastikan lingkungan rumah bersih dan sehat,  serta ventilasi yang cukup.
  5. Sebaiknya si kecil dijauhkan dari asap rokok, asap tungku, obat nyamuk, kendaraan bermotor atau polusi udara lainnya.
  6. Lakukan cuci tangan enam langkah dengan sabun dengan tepat di waktu yang tepat.
  7. Berikan nutrisi yang adekuat untuk si kecil.
Mom, mengenali tanda pneumonia lebih awal menjadi salah satu cara mencegah kematian karena pneumonia pada anak, namun mencegah lebih baik daripada mengobati. Ayo bersama kita cegah pneumonia pada anak :)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar