Jumat, 20 Januari 2017

Kuning pada Bayi Baru Lahir

Halo mommy, sering dengar dong ya bayi kuning, biasanya para mommy mencegahnya dengan menjemur bayi di pagi hari. Bayi kuning disebabkan adanya hiperbilirubinemia atau kadar bilirubin dalam darah bayi tinggi, perubahan warna ini biasanya dapat dilihat di kulit, kuku, atau mata bayi (bagian putih). Urine bayi dapat berwarna kuning pekat (normalnya tidak berwarna), tinja berwarna pucat serta telapak tangan dan kaki yang menguning.Hiperbilirubinemia fisiologis hampir terjadi pada setiap bayi. Hiperbilirubinemia fisiologis pada bayi sehat dan cukup bulan akan terlihat pada hari ke 2-3 dan biasanya hilang pada hari ke 6-8 tetapi mungkin tetap ada sampai hari ke 14. Pada bayi kurang bulan sehat, hiperbilirubinemia akan terlihat pada hari hari ke 3-4 dan hilang pada hari ke 10-20. 
Lalu bagaimana dengan hiperbilirubinemia non fisiologis? Apabila bayi mengalami hiperbilirubinemia  sebelum bayi berumur 36 jam, atau lebih dari 8 hari pada bayi cukup bulan dan lebih dari 14 hari pada bayi kurang bulan makabisa dikatakan bahwa bayi mengalami hiperbilirubinemia non fisiologis atau patologis. 
Tindakan yang dapat mommy lakukan apabila bayi mommy kuning antara lain mencegah infeksi, menjaga bayi selalu hangat, dan memberi ASI sesering mungkin. Mommy juga harus ke pelayanan kesehatan segera jika telapak tangan dan kaki bayi terlihat kuning. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar