Rabu, 08 Februari 2017

Berkomunikasi yang Berkualitas

Bagi saya komunikasi berkualitas itu ketika dua orang saling bertukar pikiran, berdiskusi dan ketika selesai berkomunikasi ada kesan setelahnya. Kalau untuk wanita ada kelegaan setelah mengobrol dengan seseorang. Artinya di sini ada timbal balik, tidak hanya berbicara namun juga ada sesi mendengarkan juga. 
Siang ini saya seperti biasa mengobrol dengan suami saya via telpon. Waktunya lebih lama dari hari kemarin, bahasannya juga menjadi lebih banyak. Tetapi saya merasa ada yang kurang, mungkin karena topik kami belum berubah atau gangguan sinyal yang hilang timbul. Di sini saya menyadari bahwa topik bahasan dalam mengobrol juga menentukan berkualitasnya komunikasi. Apabila berturut-turut membahas topik yang sama maka akan terasa monoton. Saya menemukan trik bahwa apabila topik sebelumnya memang belum selesai dibahas dan itu merupakan hal penting namun tidak terburu-buru, maka perlu jeda waktu untuk membahasnya sehingga satu sama lain lebih merasa nyaman dalam berkomunikasi.  :)

#hari8
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar