Kamis, 09 Februari 2017

Pentingnya Menghargai Perbedaan

Perbedaan ada di sekitar kita, walaupun kembar tiap individu memiliki keunikannya sendiri. Konsep ini sebenarnya penting untuk kita pahami dan mengerti sehingga ketika menemukan perbedaan dengan orang lain, hal tersebut tidak menjadi penghalang atau tembok pemisah, termasuk perbedaan dalam komunikasi. Frame of reference (FOR) dan frame of experience (FOE) tentunya berbeda sehingga ini akan mempengaruhi setiap orang dalam berkomunikasi. 
Ketika kita paham adanya perbedaan, maka kita tidak baper, tidak bertanya-tanya kenapa orang ini ngomongnya bagi kita teriak, namun bagi mereka merupakan logat dan itu hal biasa. Tidak baper ketika bagi mereka obrolan tersebut hanyalah candaan namun bagi kita suatu hal yang serius. Perbedaan menjadikan komunikasi bervariasi dan membuat kita tumbuh untuk dapat berkomunikasi dengan berbagai macam orang.
Jadi hari ini saya belajar memahami FOR dan FOE teman baru saya, Dengan mengobrol dan mendalami karakter seorang teman, kita bisa mengetahui perbedaan diri kita dengan orang tersebut. Perbedaan tersebutlah yang nantinya saya akan saya jadikan ilmu dan pengalaman dalam berkomunikasi dengan berbagai macam orang yang nantinya saya temui. :) 

#hari9
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar