Selasa, 28 Februari 2017

Memilih untuk Berkutat dengan Angka

Sebagai mahasiswi tingkat akhir, tentunya saya harus melewati yang namanya tugas akhir atau sebut saja tesis. Untuk tesis saya mengambil metode kuantitatif yang nggak jauh-jauh dengan yang namanya angka-angka dan statistik. Jadi saya akan "menjatuh cintakan" diri saya terhadap dua hal tersebut agar bisa segera menyelesaikan tesis dan akhirnya sidang tesis, wisuda, dan bisa mengakhiri masa LDM (can't wait 😆 )

Sering kali saya lihat ada jasa statistik yang menawarkan bantuannya untuk mengolah data. Sempat kepikiran sih saya, tapi saya mengurungkan niat dan memilih untuk belajar mengolah datanya sendiri. Jika kalau pada akhirnya, saya mengalami kesulitan biasanya saya berkonsultasi dengan teman saya yang capaiannya sudah lebih dulu atau yang saya anggap lebih pandai daripada saya.

Alhamdulillahnya, saya masih ada buku yang dulu saya gunakan saat mengolah data skripsi. Buku itu lumayan jelas penyampaiannya dalam memberikan panduan langkah-langkah mengolah data. Sekarang saya masih tahap mengkodekan dulu jawaban-jawaban dari responden penelitian saya. Ini hikmah yang saya coba pikirkan karena saya melakukan sendiri penelitian saya : 
  1. Saya belajar lebih banyak mengenai statistik
  2. Saya nantinya lebih mengetahui kelemahan-kelemahan yang ada dalam proses penyusunan tesis
  3. Saya lebih paham mengenai apa yang saya buat (Jadi kalau ditanya-tanya, bisa jawab hehehe)
  4. Menghemat dana penelitian (karena jasa statistik tidak semurah nasi kucing 😈)
#level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar